Minggu, 07 Oktober 2012

MISTERI BATU LAPPAK DAN BATU CANGGAR DI PANTAI JAWAI ( PANTAI PUTRI SERAYI )

       Pantai Jawai, tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Kalbar pada umumnya serta masyarakat Sambas pada khususnya. Pantai yang mempunyai pesona alam yang sangat indah dengan pantai berpasir putih yang halus, ditambah dengan bukit serta batuan sehingga membuat sejuk suasana mata memandang.
        Pantai Jawai atau yang di sebut juga Pantai Putri Serayi biasanya ramai di kunjungi pada hari minggu, serta hari-hari besar lainnya seperti hari Lebaran. Biasanya pantai jawai juga sering dikunjungi oleh anak-anak sekolah untuk mengisi liburan setelah menempuh ujian semester dan cocok untuk camping.
         Untuk menuju pantai ini, jika dari pusat kota sambas menempuh perjalanan sekitar kurang lebih 1 jam 30 menit. Ini di karenakan dalam waktu ini jalan masuk menuju pantai masih dalam proses perbaikan, jadi agak menghambat perjalanan. Tapi tenang saja, biar perjalanan agak terhambat, pasti bakalan tidak akan kecewa setelah sampai di pantai ini, di karenakan pemandangan yang sangat menawan, sehinggar rasa capek hilang dalam sekejap.
Mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan pemandangan Pantai Jawai seperti gambar berikut :



        Tapi tahukah kamu sebenarnya masih banyak pemandangan-pemandangan yang tersembunyi yang jarang dilihat oleh pengunjung pantai ini. Salah satunya adalah Batu Lappak dan Batu Canggar, karena batu ini letaknya agak di belakang bukit dan di pantai yang satunya. Jadi agak kurang terjamah oleh orang.
Apasih sebenarnya BATU LAPPAK itu ? menurut admin yang melihat secara langsung, batu itu menjulang tinggi sekitar 7 meter dari permukaan darat, dan diatasnya ada semacam lappak yang sangat besar, sekitar 25 kali lipat besarnya dari lappak manusia normal. Berikut gambarnya :



Entah itu lappak benaran atau proses alam, hanya Allah yang tahu.





        Dan yang satunya lagi adalah BATU CANGGAR, mengapa dikatakan Batu Cangar?, Menurut Admin yang pernah admin dengar, batu itu di bilang batu canggar karena bentuknya yang menjulang keatas sekitar 7 meter juga berada di dekat batu lappak dan menyerupai canggar?? Tidak dapat admin jelaskan, karena admin juga kurang tau dengan ceritanya. Mungkin yang pembaca tau. Dan berikut batunya :








BERIKUT ADALAH FOTO-FOTO DI LOKASI BATU LAPPAK DAN BATU CANGGAR :










Tidak ada komentar:

Posting Komentar